TUGAS PAPER FINAL PROJECT ( MARUGAME UDON )
EXECUTIVE SUMMARY
Pada tanggal 5
September 2016 restoran Margugame Udon yang terdapat di salah satu mall di
Jakarta telah di geledah oleh pihak Badan Reserse Kriminal Markas Besar
Kepolisian yang diikuti sejumlah Media yaitu Tempo dan BBC. Penyidik Bareskrim
menyita barang bukti dari gerai Marugame Udon. Tempo dan BBC Indonesia juga
mendapat foto penambahan label pada kemasan Bonito powder. Tertulis dalam
stiker tambahan tersebut “extended 3 bulan, exp. Juni 2016, e-mail dari Ibu
Evita (purchasing). Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Tertentu
Badan Reserse Kriminal Komisaris Besar Asep Adisaputra membenarkan
penggeledahan tersebut. Begitu stiker hijau dicopot, tampak keterangan waktu
produksi “24 Agustus 2015”dan kadaluarsa “23 Febuari 2016”. Artinya, sudah
hampir 2 bulan bahan tersebut diperpanjang selama 6 bulan. Bonito powder
sendiri digunakan sebagai bumbu untuk kuah yang digunakan di restoran Marugame.
Pada tanggal 9 September 2016 Restoran Marugame Udon menyelenggarakan Konferensi Pers yang pertama untuk mengklarifikasi masalah tersebut tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia bisa menaruh kepercayaan kembali kepada restoran Margugame Udon. Akan tetapi dalam Konferensi Pers tersebut justru menimbulkan banyak pertanyaan dan kekurangan, karena informasi yang diberikan dari pihak Marugame Udon kurang lengkap dan tidak ada permintaan maaf. Masalah ini timbul dikarenakan adanya bocoran dari mantan pihak internal Marugame Udon, sang mantan karyawan melaporkan kepada pihak BBC dan Tempo untuk melakukan penggeledahan di restoran Marugame Udon.
Beberapa masalah internal yang terjadi yaitu pihak internal saling mencurigai satu dengan yang lainnya dan juga terjadi kesalahpahaman pada pihak internal terutama pada bagian dapur serta karyawan bagian pemasok barang, jika masalah ini tidak ditanggulangi maka nantinya akan mengakibatkan kurangnya sense of belonging karyawan terhadap perusahaan dan akan menciptakan rasa kurang nyaman bagi karyawan saat bekerja. Adapun masalah eksternal yang terjadi, dikarenakan pemberitaan yang disebarkan oleh BBC dan Tempo tentang penggeledahan di Marugame masyarakat menjadi enggan untuk makan di Restoran Marugame Udon, sehingga secara tidak langsung menimbulkan penurunan kepercayaan yang berdampak pada penurunan penjualan dan penurunan citra Marugame .
Pada tanggal 9 September 2016 Restoran Marugame Udon menyelenggarakan Konferensi Pers yang pertama untuk mengklarifikasi masalah tersebut tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia bisa menaruh kepercayaan kembali kepada restoran Margugame Udon. Akan tetapi dalam Konferensi Pers tersebut justru menimbulkan banyak pertanyaan dan kekurangan, karena informasi yang diberikan dari pihak Marugame Udon kurang lengkap dan tidak ada permintaan maaf. Masalah ini timbul dikarenakan adanya bocoran dari mantan pihak internal Marugame Udon, sang mantan karyawan melaporkan kepada pihak BBC dan Tempo untuk melakukan penggeledahan di restoran Marugame Udon.
Beberapa masalah internal yang terjadi yaitu pihak internal saling mencurigai satu dengan yang lainnya dan juga terjadi kesalahpahaman pada pihak internal terutama pada bagian dapur serta karyawan bagian pemasok barang, jika masalah ini tidak ditanggulangi maka nantinya akan mengakibatkan kurangnya sense of belonging karyawan terhadap perusahaan dan akan menciptakan rasa kurang nyaman bagi karyawan saat bekerja. Adapun masalah eksternal yang terjadi, dikarenakan pemberitaan yang disebarkan oleh BBC dan Tempo tentang penggeledahan di Marugame masyarakat menjadi enggan untuk makan di Restoran Marugame Udon, sehingga secara tidak langsung menimbulkan penurunan kepercayaan yang berdampak pada penurunan penjualan dan penurunan citra Marugame .
Dari permasalahan-permaslahan
tersebut, baik masalah secara internal maupun masalah secara eksternal PR
Restoran Marugame Udon memiliki beberapa tujuan untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut. Beberapa tujuan tersebut adalah
meningkatkan rasa sense of belonging pihak Internal, membuat karyawan lebih
professional, membangun kembali citra Marugame Udon. Dari beberapa tujuan
tersebut maka akan tercapai tujuan utamanya yaitu meningkatkan jumlah konsumen dan
mengembalikan citra Restoran Marugame Udon. Selain menentukan tujuan-tujuan
tersebut kami akan membuat program kerja untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi
sebelum membuat program kerja kami akan menentukan target audiens dalam tujuan
tersebut terlebih dahulu yaitu target audiens Internal dan Eksternal yang lebih
terfokus pada Masyarakat Jakarta Selatan. Dan juga kami akan mendukung
pemberitaan dan promosi melalui media massa sehingga masyarakat luas Indonesia
(pelanggan dan calon pelanggan) mengetahuinya, dan hal ini dapat memperbaiki
citra Restoran Marugame Udon. Target audiens internal kami adalah karyawan dan
karyawati Marugame Udon.
Dari tujuan-tujuan tersebut, maka PR Restoran Marugame Udon memiliki
perencanaan program-program kurang lebih selama 2 bulan lebih ( pertengan
September 2016 sampai awal November
2016) adapun kami merencanakan program yang akan berjalan terus menerus selama
Marugame Udon berdiri. Dengan anggaran dana ( budget ) sebesar Rp.
75.000.000,00. Action program Restoran Marugame Udon adalah menyelenggarakan
Konferensi Pers di Hotel Sultan, Jakarta
Selatan dengan target audiens masyarakat Indonesia terutama masyarakat di
Jakarta. Program selanjutnya kami akan menyelenggarakan kegiatan yang bernama
“The Survival Game” yang dilaksanakan di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan
dengan target audiensnya adalah pihak internal dan eksternal akan tetapi di program
ini kami lebih terfokus pada pihak internal. Dan untuk menghargai kinerja para
karyawan kami akan menyelenggarakan program dengan memajang foto karyawan atau
karyawati yang memiliki kinerja yang baik setiap bulan disertai dengan
pemberian pesangon tambahan. Kami juga melakukan Communication Programs
diantaranya kami membuat poster, banner, x-banner, baliho dan hanging banner serta
kami menggunakan media social sebagai alat bantu promosi untuk kegiatan
program-program kami.
FAKTA YANG
TERJADI
1. Ditemukannya stiker perpanjangan
kadaluarsa pada bubuk Bonito.
2. Terjadi penggeledahan oleh pihak
polisi serta media ( Tempo dan BBC ) pada tanggal 5 September 2016.
3. Menjadi trending topic di media
social sehingga membuat citra Restorna Marugame Udon menurun.
4. Pihak Marugame Udon sudah
mengklarifikasi beberapa hari setelah penggeledahan terjadi namun malah
menimbulkan banyak pertanyaan dan kekurangan yang dikarenakan kurangnya
informasi dan keterbukaan dari pihak Marugame Udon.
MASALAH INTERNAL
1.
Kurangnya
rasa sense of belonging.
2.
Kurangnya
ketelitian karyawan pemasok barang dan karyawan dapur.
3.
Kurangnya
profesianalisme karyawan.
MASALAH EXTERNAL
1.
Penurunan
citra perusahaan.
2.
Penurunan
penjualan/pelanggan.
3.
Menjadi
trending topic di masyarakat.
4.
Penurunan
kepercayaan masyarakat terhadap Marugame Udon.
TUJUAN
1. meningkatkan rasa sense of belonging
pihak Internal.
2. membuat karyawan lebih professional.
3. membangun kembali citra Marugame Udon.
4. Mengklarifikasi masalah yang terjadi.
TARGET AUDIENS
1. Pelanggan.
Pelanggan adalah masyarakat yang sudah pernah makan di
Restauran Marugame atau yang belum pernah makan di Restoran Marugame Udon,
dimana mereka adalah masyarakat yang akan kami kembalikan lagi rasa
kepercayaannya kepada Restoran Marugame Udon khususnya di Jakarta. Pelanggan
merupakan target kami karena pelanggan merupakan prioritas utama dalam sebuah
perusahaan yang memegang kunci utama berhasilnya suatu perusahaan. Diharapkan
nantinya pelanggan-pelanggan ini dapat merasa puas dan dapat menyebarkan
ekstitensi Restoran Marugame Udon ke relasinya.
2. Karyawan.
Karyawan adalah orang-orang yang bekerja didalam suatu perusahaan yang
perannya sangat penting karena mereka berhubungan langsung dengan pelanggan.
Sebagai seorang karyawan diwajibkan untuk memiliki rasa profesionalisme dan juga
sense of belonging yang tinggi terhadap
perusahaan, karena jika tidak ada jiwa profesionalisme dan sense of belonging
maka kinerja karyawan kurang optimal dan akan berdampak buruk pada perusahaan.
Maka dari itu kami akan melakukan program yang akan meningkatkan rasa
profesionalisme dan sense of belonging sehingga dapat memacu kinerja para
karyawan, dan juga kami akan melakukan program untuk menghargai karyawan yang
memiliki kinerja yang baik, karena disadari kasus dalam Restoran Marugema Udon
ini terjadi karena mantan pihak internal yang melaporkan.
· PROGRAM MARUGAME UDON
1. Action program
A. Konferensi Pers jilid 2
Bentuk kegiatan : merupakan kegiatan yang mengundang media
massa dalam menyampaikan pesan pengklarifikasian masalah yang terjadi. Dengan
adanya media masa pihak Marugame Udon dapat dengan mudah menyampaikan berbagai fakta
yang terjadi. Yang diundang dalam Konferensi pers ini adalah media massa, dan
sebagai pembicara dalam Konferensi pers tersebut kami menggunakan pihak internal,yaitu
PR officer dari Marugame Udon.
A. Tujuan kegiatan
·
Untuk
mengembalikan kepercayaan masyarakat Dengan adanya Konferensi pers tersebut,kami berharap
masyarakat bisa kembali memercayai restoran Marugame Udon sebagai tempat makan
sekaligus tepat berkumpul dengan keluarga.
·
Untuk
menjawab berbagai kekurangan yang ada di konferensi sebelumnya
·
Untuk
menjelaskan kronologi kejadian dengan jelas.
Melalui konferensi pers kami dari
pihak Marugame Udon bisa menyampaikan fakta yang terjadi,sehingga tidak ada
lagi kesalahpahaman ataupun informasi yang ganjal di masyarakat.
·
Untuk
meminta maaf kepada pihak media dan masyarakat atas kekeliruan yang terjadi .
Dengan konferensi pers,kami bisa
dengan terbuka meminta maaf akan permasalahan yang telah terjadi, karena telah
membuat masyarakat terganggu dengan adanya permasalahan tersebut.
·
Untuk
memberikan informasi edukasi kepada media dan masyarakat.
Didalam konferensi ini
kami pihak Marugame Udon juga tidak hanya mau mengklarifikasi masalah kami saja
melainkan kami juga mau memberikan edukasi atau informasi tentang “Ciri-ciri
orang yang telah mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa” sehingga secara
tidak langsung kami mau membuktikan kepada masyarakat bahwa tidak ada konsumen kami
yang mengalami ciri-ciri tersebut.
·
Menjalin
hubungan baik dengan media.
Melalui konferensi pers ini,kami bisa
menjalin hubungan baik dengan media,sehingga bukan hanya menjadikan media
sebagai perantara dengan masyarakat dalam penyelesaian masalah yang terjadi di
Marugame Udon saat ini, akan tetapi menjadikan media sebagai relasi yang akan
berguna di masa yang akan datang.
B. Tanggal pelaksanaan kegiatan
Acara ini diselenggarakan
pada tanggal 15 September 2016.
C. Target audience
Target audience dalam
kegiatan ini adalah yaitu masyarakat,khususnya masyarakat di Jakarta Selatan.
D. Evaluasi
Evaluasi dilihat dari berita yang akan muncul sesudah konferensi pers jilid 2.
E. Anggaran
(lih. Anggaran)
Banner yang
dipakai saat acara konferensi pers berlangsung sekaligus mempromosikan acara
Marugame Udon selanjutnya.
Konferensi Pers Jilid II
B) Game Survival
a) Bentuk kegiatan : kegiatan ini
dilakukam karena kami sadari masalah ini terjadi akibat kurangnya rasa
profesionalisme dan sense of belonging dari pihak internal. kami memilih nama
Survival Game karena pada saat ini Restoran Marugame Udon sendiri sedang
bertahan dari krisis yang sedang terjadi. Dan alasan kami membuat kegiatan
berbentuk game bukan kegiatan yang berbentuk formal atau monoton karena kami
disini ingin menggunakan cara yang unik sehingga pihak internal terhibur
sekaligus diharapkan pihak internal dapat memahami makna dari setiap game yang
akan kami adakan. Kami juga mengikutsertakan pihak eksternal untuk
berpartisipasi didalam game tersebut karena kami ingin menunjukan kekompakan dari
pihak internal, membangun relasi yang baik dengan pihak eksternal sehingga kami
ingin menunjukan bahwa bergabung di Restoran Marugame Udon bukanlah hal yang
membosankan melainkan sesuatu yang sangat menyenangkan dan unik, sekaligus kami juga mempromosikan Restoran
Marugame Udon dengan kegiatan ini. Kegiatan ini terinspirasi dari sebuah
variety show yang berjudul “Running Man” yang memiliki rating tinggi dari
Negara Gigseng. Kami memakai konsep Running man sendiri karena kami ingin
menarik perhatian media dan masyarakat dengan sesuatu yang sedang booming saat
ini. Dalam kegiatan survival game ini kami membuat 3 game yaitu:
1. Find your patner dalam permainan ini
pihak internal diharuskan mencari pihak eksternal untuk dijadikan patner dengan
waktu yang sudah ditentukan. (Aturan
selengkapnya lihat Rundown Acara di lampiran )
Setelah game pertama selesai dilanjutkan dengan sesi makan siang bersama
dengan menu makan siang akan menggunakan perhitungan dari kelompok yang
paling cepat menemukan partner eksternal
sampai yang paling lama menemukan partnernya. Kelompok yang paling lama
menemukan parner nya akan mendapatkan
menu yang paling sederhana. Disini kami secara tidak langsung ingin menunjukan
kepada masyarakat bahwa makanan yang berasal dari Restoran Marugame Udon aman
terbukti bahwa pihak internal kami juga mengkonsumsi makan dari Marugame Udon.
2. Tebak Kata dalam permainan ini
membutuhkan konsentrasi dan kekompakan dari masing-masing tim untuk dapat
menang. ( Aturan selengkapnya lihat Rundown Acara di lampiran )
3. Mencari Harta Karun permainan ini
membutuhkan cekatan dan sekalilagus dibutuhkannya kekompakan untuk menemukan
banyak benda yang nantinya akan menjadi poin, semakin banyak barang yang
ditemukan maka akan semakin banyak poin yang didapatkan. ( Aturan selengkapnya
lihat Rundown Acara di Lampiran )
Pemenang ditentukan berdasarkan
banyaknya poin yang didapat dari ketiga game tersebut. Kami memberikan hadiah
kepada pihak internal berupa tiket liburan karena kami tidak mau memberikan
uang secara langsung. Dengan memberikan tiket liburan tersebut diharapkan pihak
internal dapat meningkatkan relasi mereka satu sama lain. Sedangkan untuk pihak
eksternal kami memberikan kupon potongan harga sebesar 10% dengan jangka waktu
yang telah ditentukan.
B. Tanggal pelaksanaan kegiatan
Acara ini diselenggarakan
pada tanggal 1 November 2016.
C. Target audience
Target audience dalam
kegiatan ini adalah pengunjung mall Gandaria City
D. Evaluasi
Evaluasi dilihat dari berita yang akan muncul sesudah Survival Game berlangsung
E. Anggaran
(lih. Anggaran)
Program Survival Game
Banner yang dipakai saat acara
survival Game berlangsung
C) REWARD
a) Bentuk kegiatan : Kegiatan ini
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghormati para karyawan dan karyawati
di Restoran Marugame Udon,yaitu dengan memberikan penghargaan atau reward
kepada karyawan yang memiliki kinerja paling baik dan semangat yang tinggi
dalam bekerja. Penghargaan tersebut diberikan dengan cara memajang bingkai foto
karyawan atau karyawati yang memiliki kinerja yang baik di Restoran Marugame
udon setiap bulan nya. Untuk mengukur kriteria kinerja karyawan yang baik, maka
kami membuat syarat-syarat sebagai berikut.
- Karyawan yang datang tepat waktu
pada saat kerja ataupun saat rapat
- Karyawan yang memiliki relasi yang
baik dengan karyawan lainnya
- Karyawan yang aktif pada saat rapat
- Karyawan yang memiliki penampilan
rapih pada saat kerja
b) Tujuan kegiatan
:
·
Meningkatkan
dan memacu kreativitas karyawan atau karyawati dalam bekerja.
Kami berharap dengan adanya kegiatan
ini para karyawan dan karyawati bisa meningkatkan kinerja mereka dalam
melaksanakan tanggungjawab yang sudah diberikan kepada setiap
karyawan/karyawati.
·
Untuk
menciptakan sense of belonging.
Kami berharap dengan adanya program
ini, karyawan/karyawati bisa memiliki rasa kepemilikan terhadap Restoran
Marugame Udon. Yang diharapkan nantinya
akan timbul rasa nyaman dalam bekerja, sehingga karyawan dan karyawati
dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati.
·
Untuk
membuat para karyawan dan karyawati merasa di hargai oleh pemimpin/ atasan
Dengan adanya program ini,kiranya
bisa menciptakan rasa kenyamanan dan membuat karyawan/karyawati merasa dihargai
oleh atasan sehingga mereka tidak merasa adanya batasan antara atasan dan
karyawan.
b) Tanggal Pelaksanaan
Kegiatan ini diberitahukan mulai dari awal bulan Desember
2016,dan penilaian diberitahukan setiap akhir bulan,dan diberlakukan mulai dari
bulan Desember. Dan dilakukan secara rutin setiap bulan.
c) Target Audience
Pada program ini,fokus audience kami
hanya pada pihak internal saja,yaitu pihak atasan dan karyawan/karyawati.
d) Evaluasi
Dalam evaluasi program ini,kami
menggunakan quisioner yang akan dibagikan kepada karyawan/karyawati.
e) Anggaran
(lih. Anggaran)
Contoh
bingkai reward yang akan dipajang di Restoran Marugame.
D) Check and Recheck
a) Bentuk kegiatan : Bentuk kegiatan
ini sebagai tindakan antisipasi agar masalah sebelumnya tidak terulang lagi.
Oleh karena itu kami akan mengadakan kegiatan pengecekan tanggal kadaluarsa
setiap awal bulan di dapur Marugame Udon, agar setiap stok bahan yang akan
digunakan dapat dipastikan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen
b) Tujuan kegiatan
·
Dapat
mengkontrol bahan yang akan di pakai
·
Mengantisipasi
agar tidak didapati lagi bahan yang sudah kadaluarsa
·
Meningkatkan
tanggung jawab pihak internal khusunya di dapur
c) Target audiens
Pihak internal ( dapur )
d) Tanggal Pelaksanaan : 1 Oktober 2016
e) Evaluasi
Berdasarkan surat pertanggung jawaban
yang dibuat pada saat pengecekan bahan usai.
f)
Aggaran :
(lih.
Anggaran)
·
Communication
Action
1. Pemasangan poster di tempat parkir
-
Bentuk
kegiatan: memasang poster di parkiran mall Gandaria City
-
Tujuan
kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di tempat parkir
karena tempat parkir adalah salah satu tempat yang ramai di mall
-
Tanggal
pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-
Target
audiens: pengunjung mall
-
Anggaran:
(lihat anggaran)
Pemasangan x-banner
di pintu masuk mall, gramedia dan depan Restotan Marugame udon
-
Bentuk
kegiatan: memasang Pemasangan x-banner di pintu
masuk mall, gramedia dan depan Restotan Marugame udon
-
Tujuan
kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di pintu masuk
mall dan gramedia karena salah satu tempat yang ramai di mall
-
Tanggal
pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-
Target
audiens: pengunjung mall
-
Anggaran:
(lih anggaran)
2. Pemasangan hanging banner
-
Bentuk
kegiatan: Pemasangan hanging banner
-
Tujuan
kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di dalam mall
-
Tanggal
pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-
Target
audiens: pengunjung mall
-
Anggaran:
(lih anggaran)
3. Pembuatan akun instagram
-
Bentuk
kegiatan: pembuatan akun instagram
-
Tujuan
kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon di media sosial
-
Target
audiens: pemakai instagram
-
Anggaran:
-
Kami menggunakan instagram karena
instagram adalah salah satu media sosial yang sedang marak dipakai pada saat
ini hal ini yang kami manfaatkan akan bisa lebih membantu dalam menyampaikan
suatu informasi dengan lebih cepat dan tidak mengeluarkan biaya.
SOUVENIR KONFERENSE PERS JILID II
4. Rapat Evaluasi
-
Bentuk
Kegiatan :
Meeting dengan seluruh team program
-
Tujuan :
Untuk membahas dan mengevaluasi seluruh
program yang sudah terlaksana, mengukur seluruh keefektifan kerja pihak
internal
-
Tanggal
Pelaksanaan : 10 November 2016 ( dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan
setiap akhir bulan )
-
Anggaran
: tidak ada anggaran, karena hanya berupa meeting rutin yang akan dilaksanakan
setiap bulan
CONTOH EVALUASI PROGRAM
Dapat dilihat dari:
Berita yang dimuat di media akan
menjadi tolak ukur evaluasi kami.
Berita yang
dimuat di media akan menjadi tolak ukur evaluasi kami.
c. Program Reward
Lihat di lampiran.
d. Program Check and Recheck
Lihat di lampiran.
ANGGARAN:
NO
|
NAMA KEGIATAN DAN PERINCIAN
PROGRAM 1
|
KETERANGAN
|
HARGA KESELURUHAN
|
|
1
|
Banner
|
2 buah x Rp. 50.000
|
Rp. 100.000
|
|
2
|
Surat undangan
|
Cetak dan antar
|
Rp. 20.000
|
|
3
|
Sewa gedung
|
1 ruangan
|
Rp. 5.000.000
|
|
4
|
Sewa sound system
|
1 paket
|
Rp. 1.000.000
|
|
5
|
Seminar kit
|
1 paket
|
Rp. 500.000(sponsor)
|
|
6
|
Surat peminjaman gedung
|
Cetak dan antar
|
Rp. 5.000
|
|
7
|
Proposal
|
Cetak dan antar
|
Rp. 50.000
|
|
8
|
Snack
|
35 x Rp. 10.000
|
Rp. 350.000
|
|
9
|
Plakat
|
2 buah x Rp. 50.000
|
Rp. 100.000
|
|
10
|
Press realese dan informasi
|
Cetak dan antar
|
Rp. 10.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 7.135.000
|
|||
NO
|
NAMA KEGIATAN DAN PERINCIAN
PROGRAM 2
|
KETERANGAN
|
HARGA KESELURUHAN
|
||
1
|
Surat sewa gedung
|
Cetak antar
|
Rp. 2.000
|
||
2
|
Sewa gedung
|
Lantai 1 dan 2
|
Rp. 10.000.000
|
||
3
|
Sewa EO
|
1 paket
|
Rp. 7.000.000
|
||
4
|
Sewa sound system
|
1 paket
|
Rp 1.000.000
|
||
5
|
Sewa kameramen
|
5x 500.000
|
Rp. 2.500.000
|
||
6
|
Baju survival game
|
50 x Rp. 20.000
|
Rp. 1.000.000
|
||
7
|
Sewa earphone
|
5 x Rp. 100.000
|
Rp. 500.000
|
||
8
|
Cetak rundown dan Q-card
|
Cetak
|
Rp. 50.000
|
||
9
|
Banner
|
2 buah x 100.000
|
Rp. 200.000
|
||
10
|
Hanging banner
|
3 buah x Rp. 100.000
|
Rp. 300.000
|
||
11
|
X-banner
|
3 buah x Rp. 50.000
|
Rp. 150.000
|
||
12
|
Kupon
|
10 buah x Rp. 1.000
|
Rp. 10.000
|
||
13
|
Hadiah 1
|
1 paket
|
Rp. 10.000.000(50%sponsor)
|
||
14
|
Hadiah 2
|
1 paket
|
Rp. 5.000.000
|
||
15
|
Hadiah 3
|
1 paket
|
Rp. 3.000.000
|
||
16
|
Perlengkapan game
|
keseluruhan
|
Rp. 4.000.000
|
||
17
|
Dus Aqua botol
|
5 dus x Rp 50.000
|
Rp 250.000
|
||
18
|
Makanan pemain game
|
5 paket
|
Rp. 3.000.000
|
||
19
|
Makanan crew
|
20 paket x Rp. 20.000
|
Rp. 400.000
|
||
20
|
Poster
|
1 lembar
|
Rp. 5.000
|
||
TOTAL
|
Rp. 48.367.000
|
||||
NO
|
NAMA KEGIATAN DAN
PERINCIAN
PROGRAM 3
|
KETERANGAN
|
HARGA KESELURUHAN
|
1
|
Bingkai foto
|
1 buah
|
Rp. 20.000
|
2
|
Cetak foto
|
1 lembar
|
Rp. 10.000
|
3
|
Pesangon
|
Uang tunai
|
Rp. 1.000.000
|
TOTAL
|
Rp. 1.030.000
|
TOTAL KESELURUHAN:
PROGRAM 1
|
Rp. 7.135.000
|
PROGRAM 2
|
Rp. 48.367.000
|
PROGRAM 3
|
Rp. 1.030.000
|
TOTAL
|
Rp. 56.532.000
|
Total keseluruhan – sponsorship
Rp. 56.532.000 – Rp. 5.500.000
= Rp. 51.032.000
Budget – Total keseluruhan
Rp. 75.000.000 – Rp.
51.032.000 = Rp. 23.968.000 (SISA BUDGET)
LAMPIRAN
a. COVER
COVER
DEPAN & COVER
BELAKANG
-
Peminjaman Gedung
-
Undangan Media
MARUGAME UDON
Jalan Sultan Iskandar Muda no. 65
Gandaria Jakarta
Tlp. 022 – 690210 Fax. 022 –
690211
No :
018/Int./PR/Marugame Udon/V/2016
Hal
: Peminjaman Tempat
Lampiran
: -
Yth.
Mall Gandaria Jakarta
di tempat
Dengan hormat,
Kami selaku Pihak Marugame Udon Gandaria Jakarta, bermaksud
untuk menyelenggarakan acara kami ‘The Survival Game’ yang akan diselenggarakan
pada :
Tanggal :
1 November 2016
Tempat :
Ged Mall Gandaria Jakarta, Maka dari itu, kami bermaksud untuk meminjam tempat
yaitu Gedung Mall Gandaria Jakarta pada waktu dan tanggal diatas guna lancarnya
keberlangsungan kegiatan ini. Untuk rundown acara, kami lampirkan bersama surat
ini.
Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan, atas
perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Jakarta,
Kepala Manager
Marugame Udon Gandaria Jakarta
MARUGAME UDON
Jalan Sultan Iskandar Muda no. 65
Gandaria Jakarta
Tlp. 022 – 690210 Fax. 022 –
690211
No : 019/2017
Hal
: Konferensi Pers
Lampiran : 1
(satu) lembar
Kepada Yth,
Pimpinan Redaksi/Koordinator Liputan BBC
Di Tempat
Marugame Udon bermaksud mengundang Anda untuk hadir di acara
Konferensi Pers Clarification Marugame
yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal: 15 September 2016
Waktu: 09.00 – 14.30
Tempat: Hotel Sultan Jakarta
Konferensi pers Marugame Jilid II merupakan konferensi pers ,
didalam konferensi pers ini kami pihak Marugame Udong akan mengklarifikasi
kekurangan yang ada di konferensi sebelumnya, pada konferensi ini kami akan
menjelaskan secara detail bagaimana kronologi dan fakta
Info lebih lanjut dan konfirmasi kehadiran, silakan hubungi: Brenda
Susanto, Media Relations Officer, Marugame Udon Email: Marugameudon.id , Hp:
+62 812 1958 1985
Demikian undangan kami sampaikan. Atas perhatian dan
kesediaannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
Public Relations Manager
Marugame Udon
C. RUNDOWN KONFERENSI DAN RUNDOWN SURVIVAL GAME
D. TIME TABLE
E. KUISIONER
F. SURAT PERTANGGUNGJAWABAN
G. CD PROGRAM
H. INFORMASI EDUKASI
I. PRESS REALEASE
Komentar
Posting Komentar