TUGAS PAPER FINAL PROJECT ( MARUGAME UDON )

EXECUTIVE SUMMARY

    Pada tanggal 5 September 2016 restoran Margugame Udon yang terdapat di salah satu mall di Jakarta telah di geledah oleh pihak Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian yang diikuti sejumlah Media yaitu Tempo dan BBC. Penyidik Bareskrim menyita barang bukti dari gerai Marugame Udon. Tempo dan BBC Indonesia juga mendapat foto penambahan label pada kemasan Bonito powder. Tertulis dalam stiker tambahan tersebut “extended 3 bulan, exp. Juni 2016, e-mail dari Ibu Evita (purchasing). Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kriminal Komisaris Besar Asep Adisaputra membenarkan penggeledahan tersebut. Begitu stiker hijau dicopot, tampak keterangan waktu produksi “24 Agustus 2015”dan kadaluarsa “23 Febuari 2016”. Artinya, sudah hampir 2 bulan bahan tersebut diperpanjang selama 6 bulan. Bonito powder sendiri digunakan sebagai bumbu untuk kuah yang digunakan di restoran Marugame.
    Pada tanggal 9 September 2016 Restoran Marugame Udon menyelenggarakan Konferensi Pers yang pertama untuk mengklarifikasi masalah tersebut tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia bisa menaruh kepercayaan kembali kepada restoran Margugame Udon. Akan tetapi dalam Konferensi Pers tersebut justru menimbulkan banyak pertanyaan dan kekurangan, karena informasi yang diberikan dari pihak Marugame Udon kurang lengkap dan tidak ada permintaan maaf. Masalah ini timbul dikarenakan adanya bocoran dari mantan pihak internal Marugame Udon, sang mantan karyawan melaporkan kepada pihak BBC dan Tempo untuk melakukan penggeledahan di restoran Marugame Udon.
    Beberapa masalah internal yang terjadi yaitu pihak internal saling mencurigai satu dengan yang lainnya dan juga terjadi kesalahpahaman pada pihak internal terutama pada bagian dapur serta karyawan bagian pemasok barang, jika masalah ini tidak ditanggulangi maka nantinya akan mengakibatkan kurangnya sense of belonging karyawan terhadap perusahaan dan akan menciptakan rasa kurang nyaman bagi karyawan saat bekerja. Adapun masalah eksternal yang terjadi, dikarenakan pemberitaan yang disebarkan oleh BBC dan Tempo tentang penggeledahan di Marugame  masyarakat menjadi enggan untuk makan di Restoran Marugame Udon, sehingga  secara tidak langsung menimbulkan penurunan kepercayaan yang berdampak pada penurunan penjualan dan penurunan citra Marugame .
Dari permasalahan-permaslahan tersebut, baik masalah secara internal maupun masalah secara eksternal PR Restoran Marugame Udon memiliki beberapa tujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Beberapa tujuan tersebut adalah meningkatkan rasa sense of belonging pihak Internal, membuat karyawan lebih professional, membangun kembali citra Marugame Udon. Dari beberapa tujuan tersebut maka akan tercapai tujuan utamanya yaitu meningkatkan jumlah konsumen dan mengembalikan citra Restoran Marugame Udon. Selain menentukan tujuan-tujuan tersebut kami akan membuat program kerja untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi sebelum membuat program kerja kami akan menentukan target audiens dalam tujuan tersebut terlebih dahulu yaitu target audiens Internal dan Eksternal yang lebih terfokus pada Masyarakat Jakarta Selatan. Dan juga kami akan mendukung pemberitaan dan promosi melalui media massa sehingga masyarakat luas Indonesia (pelanggan dan calon pelanggan) mengetahuinya, dan hal ini dapat memperbaiki citra Restoran Marugame Udon. Target audiens internal kami adalah karyawan dan karyawati Marugame Udon.
    Dari tujuan-tujuan tersebut, maka PR Restoran Marugame Udon memiliki perencanaan program-program kurang lebih selama 2 bulan lebih ( pertengan September 2016  sampai awal November 2016) adapun kami merencanakan program yang akan berjalan terus menerus selama Marugame Udon berdiri. Dengan anggaran dana ( budget ) sebesar Rp. 75.000.000,00. Action program Restoran Marugame Udon adalah menyelenggarakan Konferensi Pers di  Hotel Sultan, Jakarta Selatan dengan target audiens masyarakat Indonesia terutama masyarakat di Jakarta. Program selanjutnya kami akan menyelenggarakan kegiatan yang bernama “The Survival Game” yang dilaksanakan di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan dengan target audiensnya adalah pihak internal dan eksternal akan tetapi di program ini kami lebih terfokus pada pihak internal. Dan untuk menghargai kinerja para karyawan kami akan menyelenggarakan program dengan memajang foto karyawan atau karyawati yang memiliki kinerja yang baik setiap bulan disertai dengan pemberian pesangon tambahan. Kami juga melakukan Communication Programs diantaranya kami membuat poster, banner, x-banner, baliho dan hanging banner serta kami menggunakan media social sebagai alat bantu promosi untuk kegiatan program-program kami.


FAKTA YANG TERJADI
1.      Ditemukannya stiker perpanjangan kadaluarsa pada bubuk Bonito.
2.      Terjadi penggeledahan oleh pihak polisi serta media ( Tempo dan BBC ) pada tanggal 5 September 2016.
3.      Menjadi trending topic di media social sehingga membuat citra Restorna Marugame Udon menurun.
4.      Pihak Marugame Udon sudah mengklarifikasi beberapa hari setelah penggeledahan terjadi namun malah menimbulkan banyak pertanyaan dan kekurangan yang dikarenakan kurangnya informasi dan keterbukaan dari pihak Marugame Udon.


MASALAH INTERNAL
1.      Kurangnya rasa sense of belonging.
2.      Kurangnya ketelitian karyawan pemasok barang dan karyawan dapur.
3.      Kurangnya profesianalisme karyawan.

MASALAH EXTERNAL
1.      Penurunan citra perusahaan.
2.      Penurunan penjualan/pelanggan.
3.      Menjadi trending topic di masyarakat.
4.      Penurunan kepercayaan masyarakat terhadap Marugame Udon.

TUJUAN
1.      meningkatkan rasa sense of belonging pihak Internal.
2.       membuat karyawan lebih professional.
3.       membangun kembali citra Marugame Udon.
4.      Mengklarifikasi masalah yang terjadi.

TARGET AUDIENS
1.      Pelanggan.
Pelanggan adalah masyarakat yang sudah pernah makan di Restauran Marugame atau yang belum pernah makan di Restoran Marugame Udon, dimana mereka adalah masyarakat yang akan kami kembalikan lagi rasa kepercayaannya kepada Restoran Marugame Udon khususnya di Jakarta. Pelanggan merupakan target kami karena pelanggan merupakan prioritas utama dalam sebuah perusahaan yang memegang kunci utama berhasilnya suatu perusahaan. Diharapkan nantinya pelanggan-pelanggan ini dapat merasa puas dan dapat menyebarkan ekstitensi Restoran Marugame Udon ke relasinya.
2.      Karyawan.
Karyawan adalah orang-orang yang bekerja didalam suatu perusahaan yang perannya sangat penting karena mereka berhubungan langsung dengan pelanggan. Sebagai seorang karyawan diwajibkan untuk memiliki rasa profesionalisme dan juga  sense of belonging yang tinggi terhadap perusahaan, karena jika tidak ada jiwa profesionalisme dan sense of belonging maka kinerja karyawan kurang optimal dan akan berdampak buruk pada perusahaan. Maka dari itu kami akan melakukan program yang akan meningkatkan rasa profesionalisme dan sense of belonging sehingga dapat memacu kinerja para karyawan, dan juga kami akan melakukan program untuk menghargai karyawan yang memiliki kinerja yang baik, karena disadari kasus dalam Restoran Marugema Udon ini terjadi karena mantan pihak internal yang melaporkan.
           
·       PROGRAM MARUGAME UDON
1.      Action program
A.      Konferensi Pers jilid 2
Bentuk kegiatan : merupakan kegiatan yang mengundang media massa dalam menyampaikan pesan pengklarifikasian masalah yang terjadi. Dengan adanya media masa pihak Marugame Udon dapat dengan mudah menyampaikan berbagai fakta yang terjadi. Yang diundang dalam Konferensi pers ini adalah media massa, dan sebagai pembicara dalam Konferensi pers tersebut kami menggunakan pihak internal,yaitu PR officer dari Marugame Udon.
A.      Tujuan kegiatan
·         Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Dengan adanya Konferensi pers tersebut,kami berharap masyarakat bisa kembali memercayai restoran Marugame Udon sebagai tempat makan sekaligus tepat berkumpul dengan keluarga.
·         Untuk menjawab berbagai kekurangan yang ada di konferensi sebelumnya
·         Untuk menjelaskan kronologi kejadian dengan jelas.
Melalui konferensi pers kami dari pihak Marugame Udon bisa menyampaikan fakta yang terjadi,sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman ataupun informasi yang ganjal di masyarakat.
·         Untuk meminta maaf kepada pihak media dan masyarakat atas kekeliruan yang terjadi .
Dengan konferensi pers,kami bisa dengan terbuka meminta maaf akan permasalahan yang telah terjadi, karena telah membuat masyarakat terganggu dengan adanya permasalahan tersebut.
·         Untuk memberikan informasi edukasi kepada media dan masyarakat.
 Didalam konferensi ini kami pihak Marugame Udon juga tidak hanya mau mengklarifikasi masalah kami saja melainkan kami juga mau memberikan edukasi atau informasi tentang “Ciri-ciri orang yang telah mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa” sehingga secara tidak langsung kami mau membuktikan kepada masyarakat bahwa tidak ada konsumen kami yang mengalami ciri-ciri tersebut.
·         Menjalin hubungan baik dengan media.
Melalui konferensi pers ini,kami bisa menjalin hubungan baik dengan media,sehingga bukan hanya menjadikan media sebagai perantara dengan masyarakat dalam penyelesaian masalah yang terjadi di Marugame Udon saat ini, akan tetapi menjadikan media sebagai relasi yang akan berguna di masa yang akan datang.
B.      Tanggal pelaksanaan kegiatan
Acara ini diselenggarakan pada tanggal 15 September 2016.
C.      Target audience
Target audience dalam kegiatan ini adalah yaitu masyarakat,khususnya masyarakat di Jakarta Selatan.
D.     Evaluasi
Evaluasi dilihat dari berita yang akan muncul  sesudah konferensi pers jilid 2.

E.      Anggaran
(lih. Anggaran)
Banner yang dipakai saat acara konferensi pers berlangsung sekaligus mempromosikan acara Marugame Udon selanjutnya.
 Konferensi Pers Jilid II

B) Game Survival
a)      Bentuk kegiatan : kegiatan ini dilakukam karena kami sadari masalah ini terjadi akibat kurangnya rasa profesionalisme dan sense of belonging dari pihak internal. kami memilih nama Survival Game karena pada saat ini Restoran Marugame Udon sendiri sedang bertahan dari krisis yang sedang terjadi. Dan alasan kami membuat kegiatan berbentuk game bukan kegiatan yang berbentuk formal atau monoton karena kami disini ingin menggunakan cara yang unik sehingga pihak internal terhibur sekaligus diharapkan pihak internal dapat memahami makna dari setiap game yang akan kami adakan. Kami juga mengikutsertakan pihak eksternal untuk berpartisipasi didalam game tersebut karena kami ingin menunjukan kekompakan dari pihak internal, membangun relasi yang baik dengan pihak eksternal sehingga kami ingin menunjukan bahwa bergabung di Restoran Marugame Udon bukanlah hal yang membosankan melainkan sesuatu yang sangat menyenangkan dan unik,  sekaligus kami juga mempromosikan Restoran Marugame Udon dengan kegiatan ini. Kegiatan ini terinspirasi dari sebuah variety show yang berjudul “Running Man” yang memiliki rating tinggi dari Negara Gigseng. Kami memakai konsep Running man sendiri karena kami ingin menarik perhatian media dan masyarakat dengan sesuatu yang sedang booming saat ini. Dalam kegiatan survival game ini kami membuat 3 game yaitu:
1.      Find your patner dalam permainan ini pihak internal diharuskan mencari pihak eksternal untuk dijadikan patner dengan waktu yang sudah ditentukan.  (Aturan selengkapnya lihat Rundown Acara di lampiran )
Setelah game pertama selesai dilanjutkan dengan sesi makan siang bersama dengan menu makan siang akan menggunakan perhitungan dari kelompok yang paling cepat menemukan  partner eksternal sampai yang paling lama menemukan partnernya. Kelompok yang paling lama menemukan parner nya  akan mendapatkan menu yang paling sederhana. Disini kami secara tidak langsung ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa makanan yang berasal dari Restoran Marugame Udon aman terbukti bahwa pihak internal kami juga mengkonsumsi makan dari Marugame Udon.
2.      Tebak Kata dalam permainan ini membutuhkan konsentrasi dan kekompakan dari masing-masing tim untuk dapat menang. ( Aturan selengkapnya lihat Rundown Acara di lampiran )
3.      Mencari Harta Karun permainan ini membutuhkan cekatan dan sekalilagus dibutuhkannya kekompakan untuk menemukan banyak benda yang nantinya akan menjadi poin, semakin banyak barang yang ditemukan maka akan semakin banyak poin yang didapatkan. ( Aturan selengkapnya lihat Rundown Acara di Lampiran )
Pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya poin yang didapat dari ketiga game tersebut. Kami memberikan hadiah kepada pihak internal berupa tiket liburan karena kami tidak mau memberikan uang secara langsung. Dengan memberikan tiket liburan tersebut diharapkan pihak internal dapat meningkatkan relasi mereka satu sama lain. Sedangkan untuk pihak eksternal kami memberikan kupon potongan harga sebesar 10% dengan jangka waktu yang telah ditentukan.
B.      Tanggal pelaksanaan kegiatan
Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1 November 2016.
C.      Target audience
Target audience dalam kegiatan ini adalah pengunjung mall Gandaria City
D.     Evaluasi
Evaluasi dilihat dari berita yang akan muncul  sesudah Survival Game berlangsung

E.      Anggaran
(lih. Anggaran)

Program Survival Game


Banner yang dipakai saat acara survival Game berlangsung




















C) REWARD
a) Bentuk kegiatan : Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghormati para karyawan dan karyawati di Restoran Marugame Udon,yaitu dengan memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan yang memiliki kinerja paling baik dan semangat yang tinggi dalam bekerja. Penghargaan tersebut diberikan dengan cara memajang bingkai foto karyawan atau karyawati yang memiliki kinerja yang baik di Restoran Marugame udon setiap bulan nya. Untuk mengukur kriteria kinerja karyawan yang baik, maka kami membuat syarat-syarat sebagai berikut.
- Karyawan yang datang tepat waktu pada saat kerja ataupun saat rapat
- Karyawan yang memiliki relasi yang baik dengan karyawan lainnya
- Karyawan yang aktif pada saat rapat
- Karyawan yang memiliki penampilan rapih pada saat kerja

     b) Tujuan kegiatan :
·         Meningkatkan dan memacu kreativitas karyawan atau karyawati dalam bekerja.
Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para karyawan dan karyawati bisa meningkatkan kinerja mereka dalam melaksanakan tanggungjawab yang sudah diberikan kepada setiap karyawan/karyawati.
·         Untuk menciptakan sense of belonging.
Kami berharap dengan adanya program ini, karyawan/karyawati bisa memiliki rasa kepemilikan terhadap Restoran Marugame Udon. Yang diharapkan nantinya  akan timbul rasa nyaman dalam bekerja, sehingga karyawan dan karyawati dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati.
·         Untuk membuat para karyawan dan karyawati merasa di hargai oleh pemimpin/ atasan
Dengan adanya program ini,kiranya bisa menciptakan rasa kenyamanan dan membuat karyawan/karyawati merasa dihargai oleh atasan sehingga mereka tidak merasa adanya batasan antara atasan dan karyawan.

b)      Tanggal Pelaksanaan
Kegiatan ini diberitahukan mulai dari awal bulan Desember 2016,dan penilaian diberitahukan setiap akhir bulan,dan diberlakukan mulai dari bulan Desember. Dan dilakukan secara rutin setiap bulan.

c)      Target Audience
Pada program ini,fokus audience kami hanya pada pihak internal saja,yaitu pihak atasan dan karyawan/karyawati.

d)      Evaluasi
Dalam evaluasi program ini,kami menggunakan quisioner yang akan dibagikan kepada karyawan/karyawati.

e)      Anggaran
(lih. Anggaran)


                                   Contoh bingkai reward yang akan dipajang di Restoran Marugame.


     D)  Check and Recheck
a) Bentuk kegiatan : Bentuk kegiatan ini sebagai tindakan antisipasi agar masalah sebelumnya tidak terulang lagi. Oleh karena itu kami akan mengadakan kegiatan pengecekan tanggal kadaluarsa setiap awal bulan di dapur Marugame Udon, agar setiap stok bahan yang akan digunakan dapat dipastikan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen
b) Tujuan kegiatan
·         Dapat mengkontrol bahan yang akan di pakai
·         Mengantisipasi agar tidak didapati lagi bahan yang sudah kadaluarsa
·         Meningkatkan tanggung jawab pihak internal khusunya di dapur
c) Target audiens
     Pihak internal ( dapur )
d) Tanggal Pelaksanaan :  1 Oktober 2016
e) Evaluasi
Berdasarkan surat pertanggung jawaban yang dibuat pada saat pengecekan bahan usai.
f)  Aggaran :
            (lih. Anggaran)


      



  


·       Communication Action
1.      Pemasangan poster di tempat parkir
-          Bentuk kegiatan: memasang poster di parkiran mall Gandaria City
-          Tujuan kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di tempat parkir karena tempat parkir adalah salah satu tempat yang ramai di mall
-          Tanggal pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-          Target audiens: pengunjung mall
-          Anggaran: (lihat anggaran)

Pemasangan x-banner di pintu masuk mall, gramedia dan depan Restotan Marugame udon
-          Bentuk kegiatan: memasang Pemasangan x-banner di pintu masuk mall, gramedia dan depan Restotan Marugame udon
-          Tujuan kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di pintu masuk mall dan gramedia karena salah satu tempat yang ramai di mall
-          Tanggal pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-          Target audiens: pengunjung mall
-          Anggaran: (lih anggaran)
  






2.      Pemasangan hanging banner
-          Bentuk kegiatan: Pemasangan hanging banner
-          Tujuan kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon yang diletakan di dalam mall
-          Tanggal pelaksanaan: 18 Oktober 2016
-          Target audiens: pengunjung mall
-          Anggaran: (lih anggaran)











3.      Pembuatan akun instagram

-          Bentuk kegiatan: pembuatan akun instagram
-          Tujuan kegiatan: mepromosikan kegiatan Marugame Udon di media sosial
-          Target audiens: pemakai instagram
-          Anggaran: -
Kami menggunakan instagram karena instagram adalah salah satu media sosial yang sedang marak dipakai pada saat ini hal ini yang kami manfaatkan akan bisa lebih membantu dalam menyampaikan suatu informasi dengan lebih cepat dan tidak mengeluarkan biaya.




SOUVENIR KONFERENSE PERS JILID II












             















SURVIVAL GAME




                                       

4.      Rapat Evaluasi

-          Bentuk Kegiatan :
Meeting dengan seluruh team program

-          Tujuan                  :
Untuk membahas dan mengevaluasi seluruh program yang sudah terlaksana, mengukur seluruh keefektifan kerja pihak internal

-          Tanggal Pelaksanaan : 10 November 2016 ( dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap akhir bulan )

-          Anggaran : tidak ada anggaran, karena hanya berupa meeting rutin yang akan dilaksanakan setiap bulan











CONTOH EVALUASI PROGRAM
      Dapat dilihat dari:
a.      Program Konferensi Pers Jilid II

Berita yang dimuat di media akan menjadi tolak ukur evaluasi kami.
b.      Program Survival Game

Berita yang dimuat di media akan menjadi tolak ukur evaluasi kami.

c.       Program Reward
Lihat di lampiran.

d.      Program Check and Recheck
Lihat di lampiran.


ANGGARAN:
NO
NAMA KEGIATAN DAN PERINCIAN
PROGRAM 1
KETERANGAN
HARGA KESELURUHAN
1
Banner
2 buah x Rp. 50.000
Rp. 100.000
2
Surat undangan
Cetak dan antar
Rp. 20.000
3
Sewa gedung
1 ruangan
Rp. 5.000.000
4
Sewa sound system
1 paket
Rp. 1.000.000
5
Seminar kit
1 paket
Rp. 500.000(sponsor)
6
Surat peminjaman gedung
Cetak dan antar
Rp. 5.000
7
Proposal
Cetak dan antar
Rp. 50.000
8
Snack
35 x Rp. 10.000
Rp. 350.000
9
Plakat
2 buah x Rp. 50.000
Rp. 100.000
10
Press realese dan informasi
Cetak dan antar
Rp. 10.000

TOTAL
Rp. 7.135.000

















NO
NAMA KEGIATAN DAN PERINCIAN
PROGRAM 2
KETERANGAN
HARGA KESELURUHAN
1
Surat sewa gedung
Cetak antar
Rp. 2.000
2
Sewa gedung
Lantai 1 dan 2
Rp. 10.000.000
3
Sewa EO
1 paket
Rp. 7.000.000
4
Sewa sound system
1 paket
Rp 1.000.000
5
Sewa kameramen
5x 500.000
Rp. 2.500.000
6
Baju survival game
50 x Rp. 20.000
Rp. 1.000.000
7
Sewa earphone
5 x Rp. 100.000
Rp. 500.000
8
Cetak rundown dan Q-card
Cetak
Rp. 50.000
9
Banner
2 buah x 100.000
Rp. 200.000
10
Hanging banner
3 buah x Rp. 100.000
Rp. 300.000
11
X-banner
3 buah x Rp. 50.000
Rp. 150.000
12
Kupon
10 buah x Rp. 1.000
Rp. 10.000
13
Hadiah 1
1 paket
Rp. 10.000.000(50%sponsor)
14
Hadiah 2
1 paket
Rp. 5.000.000
15
Hadiah 3
1 paket
Rp. 3.000.000
16
Perlengkapan game
keseluruhan
Rp. 4.000.000
17
Dus Aqua botol
5 dus x Rp 50.000
Rp 250.000
18
Makanan pemain game
5 paket
Rp. 3.000.000
19
Makanan crew
20 paket x Rp. 20.000
Rp. 400.000
20
Poster
1 lembar
Rp. 5.000

TOTAL
Rp. 48.367.000







NO
NAMA KEGIATAN DAN PERINCIAN
PROGRAM 3
KETERANGAN
HARGA KESELURUHAN
1
Bingkai foto
1 buah
Rp. 20.000
2
Cetak foto
1 lembar
Rp. 10.000
3
Pesangon
Uang tunai
Rp. 1.000.000

TOTAL
Rp. 1.030.000


TOTAL KESELURUHAN:
PROGRAM 1
Rp. 7.135.000
PROGRAM 2
Rp. 48.367.000
PROGRAM 3
Rp. 1.030.000
TOTAL
Rp. 56.532.000

Total keseluruhan – sponsorship
Rp. 56.532.000 – Rp. 5.500.000 = Rp. 51.032.000
Budget – Total keseluruhan
Rp. 75.000.000 – Rp. 51.032.000 = Rp. 23.968.000 (SISA BUDGET)








LAMPIRAN
a.      COVER

                                    COVER DEPAN                &        COVER BELAKANG







b.      SURAT
-          Peminjaman Gedung
-          Undangan Media


                                                                    MARUGAME UDON
Jalan Sultan Iskandar Muda no. 65  Gandaria Jakarta
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

 No                          : 018/Int./PR/Marugame Udon/V/2016
Hal                       : Peminjaman Tempat
Lampiran            :  -
 Yth.
Kepala Bagian Sarana dan Prasarana
Mall Gandaria Jakarta
di tempat

Dengan hormat,
Kami selaku Pihak Marugame Udon Gandaria Jakarta, bermaksud untuk menyelenggarakan acara kami ‘The Survival Game’ yang akan diselenggarakan pada :         
Tanggal                :  1 November 2016
Tempat                : Ged Mall Gandaria Jakarta, Maka dari itu, kami bermaksud untuk meminjam tempat yaitu Gedung Mall Gandaria Jakarta pada waktu dan tanggal diatas guna lancarnya keberlangsungan kegiatan ini. Untuk rundown acara, kami lampirkan bersama surat ini.
Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 Jakarta,
Kepala Manager

Marugame Udon Gandaria Jakarta
MARUGAME UDON
Jalan Sultan Iskandar Muda no. 65  Gandaria Jakarta
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

 No                          : 019/2017
Hal                       :  Konferensi Pers
Lampiran            : 1 (satu) lembar  

 Kepada Yth,       
Pimpinan Redaksi/Koordinator Liputan BBC
Di Tempat        
Marugame Udon bermaksud mengundang Anda untuk hadir di acara Konferensi Pers Clarification Marugame   yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal: 15 September 2016
Waktu:  09.00 – 14.30
Tempat: Hotel Sultan Jakarta
Konferensi pers Marugame Jilid II merupakan konferensi pers , didalam konferensi pers ini kami pihak Marugame Udong akan mengklarifikasi kekurangan yang ada di konferensi sebelumnya, pada konferensi ini kami akan menjelaskan secara detail bagaimana kronologi dan fakta

Info lebih lanjut dan konfirmasi kehadiran, silakan hubungi: Brenda Susanto, Media Relations Officer, Marugame Udon Email: Marugameudon.id , Hp: +62 812 1958 1985
Demikian undangan kami sampaikan. Atas perhatian dan kesediaannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,

Public Relations Manager
 Marugame Udon
        C. RUNDOWN KONFERENSI DAN RUNDOWN SURVIVAL GAME
D. TIME TABLE
E. KUISIONER
F. SURAT PERTANGGUNGJAWABAN
G. CD PROGRAM
H. INFORMASI EDUKASI
I. PRESS REALEASE











Komentar

Postingan populer dari blog ini

The power of having eccentric mind

Confucius and Lao Zi